SIKAP SEORANG ISTRI KEPADA SUAMI

Di posting oleh Dorry pada 12:44 PM, 23-Dec-11

Di: Inspirasi Hidup

ASSALAMUALAIKUM WR.WB



Apakah anda sudah berkeluarga???

Kewajiban pertama seorang istri terhadap suaminya adalah mentaati segala perintahnya, asal bukan hal yang melanggar syariah Islam. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. "Dan sebaik-baik istri adalah yang taat kepada suaminya, bijaksana, berketurunan, sedikit bicara, tidak suka membicarakan sesuatu yang tidak berguna, tidak cerewet dan tidak suka bersuara hingar-bingar serta setia kepada suaminya."

Dalam hidup berkeluarga, suami memang harus dipandang sebagai tuan sekaligus teman yang abadi dalam hidup ini, yang juga akan melindungi istri dan anak-anak. Oleh karena itu ada beberapa etika dan cara bergaul yang harus diperhatikan istri kepada suaminya, diantaranya adalah :

¤ Disaat suami sedang berbicara dengan istri jangan sekali-kali istri meninggalkannya,
perhatikan pembicaraan itu sebaik-baiknya. Apabila suami memberikan pertimbangan terhadap suatu masalah atas kesulitan, istri harus mempertimbangkan sebaik-baiknya.

¤ Istri tidak boleh membantah dengan keras terhadap suaminya. Bersikaplah yang bijaksana. Untuk sementara waktu, sebaiknya istri mengikuti kehendak suami, sesudah suasana memungkinkan kalau pertimbangan atau saran suami kurang tepat, ajukanlah pertimbangan yang lain dengan cara yang sabar dan penuh kasih sayang, sehingga tujuan kedua belah pihak tercapai tanpa harus ada yang merasa tersinggung atau disepelekan.
¤ Jika suami sedang marah karena satu dan lain hal, hendaklah istri berlaku sabar dan diam untuk sementara waktu, jangan dibantah atau ditentang, karena seandainya dibantah atau ditentang akan menimbulkan suasan yang semakin tegang dan memuncak kemarahnnya yang pada akhirnya akan menggoyahkan sendi- sendi keluarga.

¤ Istri hendaklah mengerjakan perintah suami dengan segera, tenang dan hati-hati, asalkan perintah itu tidak bertentangan dengan syariah Islam dan adat istiadat yang berlaku.

¤Ketika suami sedang duduk-duduk, hendaklah istri menghampiri dengan penampilan yang menyenangkan, dan kalau suami mengajak bicara berilah perhatian sepenuhnya dan ikutilah pembicaraan itu dengan seksama sehingga akan menampakkan suasana hidup yang rukun dan damai. Bila perlu mintalah ijin untuk mengambilkan kopi/teh dan makan kecil kesukaannya, sehingga dapat membangkitkan kembali kemesraan cinta dan gairah hidup baginya, karena ia merasa mendapatkan istri yang setia dan menyenangkan.

¤ Jika istri akan bepergian, haruslah ia meminta ijin suaminya.

¤ Tidak boleh seorang istri menyambut kedatangan suami dari bepergian atau tempat kerja dengan muka masam atau dahi berkerut, berbadan dan berpakaian kotor. Penampilan yang seperti ini akan menambah kelelahan suami setelah seharian bekerja mencari nafkah keluarga.
¤ Istri harus menghormati keluarga suami (Bapak, Ibu saudara-saudaranya), meskipun secara status sosial ekonomi, mereka kurang beruntung dibandingkan dengan keadaan keluarga istri.

¤ Istri berkewajiban untuk mengasuh, memelihara dan mendidik anak-anak sebaik-baiknya serta memberikan tauladan kepada mereka. Istri hendaklah selalu mendampingi suami diwaktu malam.

¤Jika kebetulan istri sudah mendahului makan malam, hendaknya ia mendampingi suami dalam bersantap malam sampai selesai.

¤ Istri dilarang keras menceritakan rahasia keluarga dan rahasia suaminya kepada orang lain, sekalipun dengan sahabat karib atau orang tuanya. Rahasia itu misal, soal hutang, cacat suami, saingan atau musuh suaminya,kekurangmampuan suami dalam memberikan nafkah batin dan sebagainya.

¤ Bagi seorang istri yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari (karena sebagai wanita karir), hendaklah ia meluangkan waktu untuk berlibur dan bersenang-senang bersama suami dan anak- anak.

Da yang mau menambahkan saya persilahkan.

WASSALAMUALAIKUM WR.WB

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

25 tanggapan untuk "SIKAP SEORANG ISTRI KEPADA SUAMI"

Rachman Safryan pada 01:09 PM, 23-Dec-11

gak ngerti apa2 aq...xixixi
Masih anak muda

VIDEO ORANG DI SEMBELIH VIDEO ORANG DI BAKAR HIDUP2 pada 01:22 PM, 23-Dec-11

thanks sob infox bsa buat renungan bgi para kaum hawasmile

Eko pada 04:36 PM, 23-Dec-11

Anak kecil nyimak ajj deh mas..biggrin

JhaY pada 06:23 PM, 23-Dec-11

mantap sob postngnx,,bs jd bhn rnungan untk smua istri2 di dunia ini...smilehehe

Dorry pada 09:57 PM, 23-Dec-11

thank all...dh mampir

Ijolumut'z pada 11:47 PM, 23-Dec-11

Makasih banyak Sob, meskipun belum berkeluarga setidaknya bisa menjadi gambaran jika kelak sudah berkeluarga. smile

BLACK LIONESS pada 02:38 AM, 24-Dec-11

smoga nanti aku bisa menjadi istri yang baik kelak, amin ya Allah..

thx kawan

Exodius pada 04:45 AM, 24-Dec-11

iya bnr tuh

Exodius pada 05:11 AM, 24-Dec-11

hola biggrin

Dorry pada 09:49 AM, 24-Dec-11

makasih sob dh mampir...insyah sahabat2 dpt istri yg soleha

Eko_Tonggeng pada 11:25 AM, 24-Dec-11

met sore gan,
maaf baru bisa mampir, sukses slalu aja buat agan.

oya, sekalian ane mau minta bantuan agan untuk klik iklan yang ada di navigasi menu blog ane.
httt://ekos60v5.heck.in
terima kasih sebelumnya.

Vandlin pada 01:51 PM, 24-Dec-11

hadiir sob.. kalo berkenan silahkan berkunjung balik hehe biggrin

Айфяїє Єяяоя pada 05:19 PM, 24-Dec-11

Ronda malam Sob...
Hadir + absen + nyimak... smile

demakx ngeblog pada 09:20 PM, 24-Dec-11

sip sob

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel pada 02:36 AM, 25-Dec-11

Klo itu semua terlaksana,wahhhh itu sorga dunia bagi suami dan ngk akan selingkuh lg.ttp kenyataan yang ada sekarang terjadi kebalikan.90% Suami jadi anggota SSTI (Suami Suami Takut Istri ),temenku di tempat kerjaanya dianggap sbg jagoan dan ngk mau kalah dg teman cowoknya,ttp kata tetangga rumahnya,ia sangat takut dg istrinya,gaji disetor semua ke istri,tiap pergi dg temennya dan ongkos nebeng , kerumah makan ia selalu minta di bayari,dilihat dompetnya kosong,,,telat pulang kerja sebentar dah di telpon suruh pulang. scapedechhhh.kkkkk nyatha

Dicky | More Than Just A Blog pada 06:59 AM, 25-Dec-11

assalamualaikum..
mantabs sob..
ttp smangat.. smile

jangan lupa mampir ya.. smile

Dorry pada 07:02 AM, 25-Dec-11

makasih dh mampir...

Anggiztasya pada 10:53 AM, 02-Jan-12

Mantap gan...
Semoga istriku menjadi seperti itu. Amin

sahid pada 03:47 AM, 03-Feb-12

jadilah istri yg sebaik2nya yang tertera dalam syariat islam camkan itu........,

dede muhidin pada 06:12 AM, 15-Apr-12

bagi istri yang ingin dapat ridhanya AllhSwt, taatilah suaminya,...........................!!!!!

puspa dewi pada 08:56 AM, 14-Dec-12

q akan belajar jd istri yang berbakti pada suami,sm0ga pernikahanku diridhai oleh alloh swt.amien...smile

Dorry pada 10:32 AM, 14-Dec-12

@puspa dewi,
Amin allahuma amin,yg terpenting adlh niat & usaha kita u/ mewujudkanya...

Deswita juwita pada 03:13 PM, 30-Dec-12

Mantap bngt nehh mga aja qu bza istri yg bae klak. Heheheh smile

nita pada 02:11 AM, 18-Jan-13

boleh aja menjadi istri yang baik dan solehah, tp dari suami sendiri yg pergaulannya di luar islam apa harus di diamkan saja?perilaku suami yang tidak membahagiakan istrinya?bagaimana istri mau jadi bersikap baik dan hormat

Dorry pada 01:48 AM, 20-Jan-13

Koenita...jika suami salah tegurlah ia dng baik'',qt hdp dlm 1 rmh tngga.jk istri salah suami wajib mengingatkan begitu pula sbaliknya...slng mngisi 1 sma lain,jadi berhak d ingatkan...insya allah ada jalan

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar